Sabtu, 10 Juni 2017

Inilah Bahaya yang Ditimbulkan Jika Berlebihan Konsumsi Obat Penenang..


Inilah Bahaya yang Ditimbulkan Jika Berlebihan Konsumsi Obat Penenang.. - Pekan ini, publik dihebohkan bersama kisah wanita tanpa baju yang berbelanja di apotek. Kondisi makin merumit saat publik digegerkan bersama percobaan bunuh diri oleh salah satu personel Big Bang, T.O.P. Keduanya diduga mengonsumsi obat penenang.


Secara medis, obat penenang banyak digunakan untuk menangani kecemasan, depresi, kegelisahan berlebih terhadap suatu hal, atau insomnia. Namun fungsi ini seakan menguap, karena obat penenang sering digunakan di luar fungsi yang sebenarnya.

Ada beragam jenis obat penenang. Namun yang banyak digunakan di Indonesia adalah obat golongan benzodiazepine, antidepresan trisiklik, dan selective serotonin reuptake inhibitors (SSRI).

Dalam kuantitas tepat, obat penenang mempunyai banyak manfaat. Namun jikalau dikonsumsi secara berlebihan, obat penenang sanggup menyingkirkan nyawa.

Benzodiazepine

Overdosis obat penenang golongan benzodiazepine sanggup menimbulkan gejala bersifat pusing, mengantuk, dan penglihatan kabur. Tak jarang, obat ini juga membawa dampak penggunanya berhalusinasi, meracau, dan disorientasi.

Pada sebagian kasus, perihal yang mengancam nyawa juga sanggup terjadi. Misalnya: penurunan kesadaran, tekanan darah turun, sampai berhenti bernapas.

Antidepresan trisiklik

Konsumsi obat antidepresan trisiklik secara terlalu berlebih sanggup menimbulkan gangguan jantung. Keluhan berdebar-debar, nyeri dada, tekanan darah turun, dan denyut jantung tak teratur (aritmia) adalah efek yang paling sering.

Namun, tidak menutup kemungkinan gejala berat seperti kejang dan koma juga akan terjadi.

Selective Serotonin Reuptake Inhibitors (SSRI)

SSRI merupakan obat yang paling sering digunakan untuk menangani depresi dan cemas. Mengonsumsi obat penenang jenis ini secara terlalu berlebih akan membawa dampak gangguan terhadap otot dan saraf.
Penggunanya sanggup mengalami tremor, menggigil, kejang otot, keringat dingin, dan penurunan kesadaran.
Lupakan saja inspirasi untuk coba-coba mengonsumsi obat penenang berlebihan. Jika selalu ngotot melakukannya, nyawa Anda yang jadi taruhannya.